20 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Umum Teratas

Pertama dan terpenting, selamat jika Anda memiliki wawancara! Itu sendiri terpuji, jadi sekarang Anda hanya ingin memastikan Anda menemukan dalam cahaya terbaik. Saya telah ditanya berkali-kali apa yang harus dilakukan dalam persiapan untuk wawancara. Meskipun tidak ada cara untuk memprediksi dengan tepat apa yang akan Anda tanyakan, berikut adalah 20 pertanyaan umum yang cenderung muncul. Ini sama sekali bukan daftar lengkap. Tujuannya adalah untuk menggambarkan pentingnya persiapan dan menyegarkan memori Anda mengenai proyek dan situasi tertentu.

  1. Ceritakan tentang dirimu.

Ini mungkin pertanyaan yang paling banyak ditanyakan dalam sebuah wawancara. Ini memecahkan es dan membuat Anda berbicara tentang sesuatu yang anda harus cukup nyaman dengan. Memiliki sesuatu yang disiapkan yang tidak terdengar dilatih. Ini bukan tentang Anda menceritakan kisah hidup Anda dan terus terang, pewawancara hanya tidak tertarik. Kecuali diminta untuk melakukannya, tetap berpegang pada pendidikan, karier, dan situasi saat ini. Bekerja melalui itu kronologis dari terjauh kembali ke sekarang.

  1. Mengapa Anda mencari pekerjaan lain (atau mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda sebelumnya)?

Di permukaan, ini tampaknya menjadi pertanyaan sederhana, namun mudah tergelincir. Saya sarankan untuk tidak menyebutkan uang pada tahap ini karena Anda mungkin menemukan sebagai tentara bayaran sepenuhnya. Jika Saat ini Anda dipekerjakan, Anda dapat mengatakan ini tentang mengembangkan karier Anda dan diri Anda sebagai individu. Jika Anda berada dalam posisi malang karena telah di-downsized, tetap positif dan tetap singkat. Jika Anda dipecat, Anda harus memiliki penjelasan yang kuat. Apa pun keadaan Anda, jangan berbicara tentang drama tetapi ingatlah untuk tetap positif.

  1. Apa yang Anda ketahui tentang organisasi ini?

Lakukan pekerjaan rumah Anda sebelum wawancara. Melakukan pekerjaan latar belakang akan membantu Anda menonjol. Cari tahu siapa pemain utama -- apakah mereka ada di berita baru-baru ini? Anda tidak diharapkan untuk mengetahui setiap tanggal dan individu tetapi Anda perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang perusahaan secara keseluruhan.

  1. Mengapa Anda ingin pekerjaan ini?

Pertanyaan ini biasanya mengikuti dari yang sebelumnya. Di sinilah penelitian Anda akan berguna. Anda mungkin ingin mengatakan bahwa Anda ingin bekerja untuk perusahaan yang x, y, z, (pemimpin pasar, inovator, menyediakan layanan vital, apa pun itu). Masukan beberapa pemikiran ke dalam ini sebelumnya, spesifik dan tautkan nilai-nilai perusahaan dan pernyataan misi dengan tujuan dan rencana karir Anda sendiri.

  1. Siapa pesaing utama kita?

Ini menunjukkan Anda benar-benar memahami industri dan pemain utama.

Pikirkan tentang beberapa dan katakan bagaimana Anda berpikir mereka membandingkan (kesamaan, perbedaan). Ini adalah kesempatan yang baik untuk menyoroti apa yang Anda pikirkan adalah kekuatan utama perusahaan.

  1. Apa yang akan rekan kerja Anda sebelumnya katakan tentang Anda?

Ini bukan arena untuk pengungkapan penuh. Anda ingin tetap positif dan menambahkan beberapa pernyataan atau parafrase tertentu. Sesuatu seperti "Joe Blogs selalu menyebutkan betapa dapat diandalkan dan bekerja keras saya" sudah cukup.

  1. Bagaimana Anda menangani situasi stres dan bekerja di bawah tekanan?

Ada beberapa cara untuk mengatasi yang satu ini. Anda mungkin semacam orang yang bekerja dengan baik di bawah tekanan; Anda bahkan dapat berkembang di bawah tekanan. Apapun kasusnya, pastikan kau tidak bilang kau panik. Anda ingin memberikan contoh spesifik tentang situasi stres dan seberapa baik Anda menghadapinya. Anda mungkin juga ingin mencantumkan beberapa alat yang Anda gunakan untuk membantu Anda, seperti daftar tugas, dll. Tidak apa-apa untuk mengatakan bahwa Anda akan meminta bantuan ketika pekerjaan lebih dari apa yang dapat Anda tangani. Sama-sama dapat diterima untuk mengatakan bahwa Anda bekerja paling baik di bawah tekanan jika ini memang terjadi dan relevan dengan peran tertentu.

  1. Apakah Anda melamar pekerjaan lain?

Jika Anda serius tentang mengubah pekerjaan maka kemungkinan Anda melamar ke posisi lain. Ini juga merupakan cara untuk menunjukkan bahwa Anda sedang diminati. Jujurlah tetapi jangan terlalu detail; Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk ini. Jika ditanya tentang nama-nama siapa yang telah Anda ajak bicara, benar-benar sah untuk mengatakan Anda lebih suka tidak mengungkapkan informasi itu pada tahap ini.

  1. Apa yang Anda suka bekerja dalam tim?

Jawaban Anda tentu saja bahwa Anda adalah pemain tim yang sangat baik; benar-benar tidak ada jawaban lain yang valid di sini karena Anda tidak akan berfungsi dalam organisasi sebagai penyendiri. Anda mungkin ingin menyebutkan jenis peran apa yang cenderung Anda adopsi dalam tim, terutama jika Anda ingin menekankan keterampilan utama seperti kepemimpinan. Bersiaplah untuk memberikan contoh spesifik dalam masalah fakta semacam cara.

  1. Orang macam apa yang tidak anda sukai untuk bekerja sama?

Ini bukan yang mudah karena Anda tidak tahu dengan siapa Anda akan bekerja sama. Bahkan jika Anda dapat segera memikirkan daftar panjang orang-orang yang tidak Anda sukai untuk bekerja dengan, Anda bisa mengambil beberapa waktu untuk berpikir dan mengatakan bahwa itu adalah pertanyaan yang sulit karena Anda selalu baik-baik saja dengan kolega Anda.

  1. Apa kekuatan terbesar Anda?

Ini waktumu untuk bersinar. Ingatlah pewawancara sedang mencari kekuatan terkait pekerjaan. Sebutkan sejumlah dari mereka seperti menjadi motivator yang baik, pemecah masalah, berkinerja baik di bawah tekanan, setia, sikap positif, bersemangat untuk belajar, mengambil inisiatif, perhatian terhadap detail. Apa pun yang Anda cari, bersiaplah untuk memberikan contoh yang menggambarkan keterampilan khusus ini.

  1. Apa kelemahan terbesar anda?

Ini adalah pertanyaan yang menantang - seolah-olah Anda tidak memiliki kelemahan Anda jelas berbohong! Bersikaplah realistis dan sebutkan kelemahan terkait pekerjaan kecil.

Banyak orang akan menyarankan untuk menjawab ini menggunakan sifat positif yang menyamar sebagai cacat seperti "Saya seorang perfeksionis" atau "Saya mengharapkan orang lain berkomitmen seperti saya." Saya akan menganjurkan tingkat kejujuran tertentu dan mencantumkan kelemahan sejati. Tekankan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasinya dan meningkatkannya. Pertanyaan ini adalah tentang bagaimana Anda melihat dan mengevaluasi diri Anda sendiri.

  1. Apa kekecewaan / pencapaian profesional terbesar Anda sejauh ini?

Jika ditanya tentang kekecewaan, sebutkan sesuatu yang berada di luar kendali Anda. Tetap positif dengan menunjukkan bagaimana Anda menerima situasi dan tidak memiliki perasaan negatif yang berlama-lama. Jika ditanya tentang pencapaian terbesar Anda, pilih contoh yang penting bagi Anda dan juga perusahaan. Tentukan apa yang Anda lakukan, bagaimana Anda melakukannya dan apa hasilnya. Idealnya, pilih contoh yang dapat berhubungan dengan posisi yang Anda ajukan.

  1. Keputusan seperti apa yang menurut Anda paling sulit diambil?

Tidak ada jawaban yang benar atau salah di sini. Logika di balik jenis pertanyaan ini adalah bahwa perilaku masa lalu Anda cenderung memprediksi apa yang akan Anda lakukan di masa depan. Apa yang dicari pewawancara adalah memahami apa yang Anda temukan sulit.

  1. Ceritakan tentang saran yang telah Anda buat yang telah berhasil diimplementasikan.

Di sini penekanannya adalah pada dilaksanakan. Anda mungkin memiliki banyak ide brilian, tetapi apa yang dicari pewawancara adalah sesuatu yang sebenarnya telah terwujud. Bersiaplah untuk menjelaskan secara singkat bagaimana hal itu berubah dari ide ke tahap implementasi.

  1. Pernahkah Anda harus menekuk aturan untuk mencapai tujuan?

Waspadalah terhadap jenis pertanyaan ini! Dalam keadaan apa pun, perlu untuk melanggar kebijakan perusahaan untuk mencapai sesuatu. Tahan godaan untuk menjawab dan memberikan contoh, seperti yang dicari pewawancara adalah menentukan seberapa etis Anda dan apakah Anda akan tetap setia pada kebijakan perusahaan.

  1. Apakah Anda bersedia bepergian atau pindah jika perlu?

Ini adalah sesuatu yang Anda butuhkan untuk memiliki sangat jelas dalam pikiran Anda sebelum pertemuan. Tidak ada gunanya mengatakan ya hanya untuk mendapatkan pekerjaan jika jawaban sebenarnya tidak. Jujur saja karena ini dapat menyelamatkan Anda masalah yang timbul di masa depan.

  1. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

Ini adalah pertanyaan penting yang perlu Anda jawab dengan hati-hati.

Ini adalah kesempatan Anda untuk menonjol dan menarik perhatian pada keterampilan Anda, terutama yang belum ditangani. Mengatakan "karena aku butuh pekerjaan" atau "Aku benar-benar baik" hanya tidak akan memotongnya. Jangan berspekulasi tentang kandidat lain dan kemungkinan kekuatan atau kekurangan mereka. Pastikan kau fokus padamu. Jelaskan mengapa Anda membuat karyawan yang baik, mengapa Anda cocok untuk pekerjaan dan perusahaan dan apa yang dapat Anda tawarkan.

Tetap ringkas dan soroti prestasi Anda.

  1. Mengenai gaji, apa harapan Anda?

Pertanyaan ini selalu rumit dan permainan berbahaya untuk dimainkan dalam sebuah wawancara. Adalah kesalahan umum untuk mendiskusikan gaji sebelum Anda menjual diri, dan seperti dalam negosiasi apa pun, pengetahuan adalah kekuatan. Lakukan pekerjaan rumah Anda dan pastikan Anda memiliki ide tentang apa yang pekerjaan ini tawarkan. Anda dapat mencoba bertanya kepada mereka tentang kisaran gaji. Jika Anda ingin menghindari pertanyaan sama sekali, Anda bisa mengatakan bahwa saat ini, Anda ingin maju dalam karier Anda dan uang bukanlah motivator utama Anda. Jika Anda memiliki sosok tertentu dalam pikiran dan Anda yakin Anda bisa mendapatkannya, maka mungkin ada baiknya untuk itu.

  1. Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk kami?

Yang satu ini cenderung muncul setiap saat. Siapkan beberapa pertanyaan.

Ini akan menunjukkan Anda telah melakukan beberapa penelitian dan ingin tahu dan belajar sebanyak mungkin. Anda mungkin tidak ingin mengajukan lebih dari tiga atau empat pertanyaan. Cobalah dan gunakan pertanyaan yang berfokus pada Anda menjadi aset bagi perusahaan. Pertanyaan umum mungkin adalah "seberapa cepat saya bisa mulai jika saya mendapatkan pekerjaan itu." Ide lain adalah bertanya apa yang akan Anda kerjakan dan seberapa cepat mereka mengharapkan Anda untuk dapat menjadi produktif. Ingatlah untuk bertanya tentang langkah-langkah berikutnya dan kapan Anda dapat mengharapkan untuk mendengar kembali.