9 Persiapan Untuk Berkarir di Luar Negeri

Mau gaji dolar? Mau kerja sambil jalan-jalan? Siapa yang tak tergiur dengan bekerja dan berkarir di luar negeri. Selain mendapatkan pengalaman untuk bekerja dengan orang asing, penghasilan yang lumayan, kesempatan untuk berkeliling ke negeri orang, hingga mendapatkan posisi yang baik saat kembali ke dalam negeri karena pengalaman bekerja di luar negeri yang biasanya cukup dipertimbangkan.

Setelah mengenyam pendidikan di kampus perhotelan Elizabeth international misalnya, sudahkah cukup bagi Kamu untuk bekerja di luar negeri? Apakah cukup dengan fasih berbahasa Inggris saja? Ternyata butuh beberapa hal yang perlu dipersiapkan apabila Kamu ingin bekerja ke luar negeri untuk memastikan Kamu memiliki pengalaman terbaik serta untuk Kamu dapat tetap dalam keadaan happy.

1. Miliki tabungan

Bekerja di luar negeri mungkin berarti Kamu tidak dapat menabung karena tergiur jalan-jalan atau belanja. Kamu perlu selalu menyisakan tabungan yang Kamu bawa ke luar negeri, menyimpan penghasilan yang Kamu dapatkan selama bekerja, sebagai dana darurat. Hal ini karena bisa saja Kamu diterima di perusahaan dimana gaji Kamu tidak Kamu terima di bulan pertama dan akan di’rapel’ dengan bulan berikutnya.

2. Persiapkan diri Kamu terhadap kemungkinan culture shock

Culture shock bisa terjadi kepada siapa saja, meski Kamu mungkin sudah pernah sebelumnya bekerja di luar negeri. Benar bukan? Homesick pasti akan muncul meski di awal Kamu begitu excited terhadap semua hal baru yang Kamu temui di tempat baru. Culture shock pasti akan Kamu rasakan ketika Kamu merasa terdapat hal-hal yang ternyata berbeda meski Kamu sudah banyak membaca atau mencari tau sebelumnya tentang budaya yang berlaku di negara tersebut.

Yang perlu Kamu lakukan adalah lanjut bereksplorasi dan rasakan pengalaman terbaik terhadap area di negara tersebut dimana Kamu akan tinggal. Lakukan weekend trip secara berkala, temui orang-orang baru, maka Kamu akan terbiasa dengan budaya yang ada.

3. Pastikan Kamu terlindungi asuransi kesehatan internasional

Biaya kesehatan di negara satu pasti berbeda dengan negara yang lainnya. Tidak jarang biaya kesehatan itu mahal. Ya, sehat itu mahal! Kamu pastinya tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi menimpa Kamu di saat Kamu jauh dari keluarga Kamu. Jadi, pastikan Kamu dilindungi asuransi kesehatan internasional untuk Kamu dapat bekerja dengan aman dan nyaman.

4. Persiapkan dokumen-dokumen penting Kamu

Beberapa negara mungkin butuh beberapa dokumen untuk memastikan Kamu bukan imigran gelap! Pastikan Kamu memiliki dokumen seperti references atau surat pernyataan dari tempat Kamu bekerja sebelumnya atau dari tempat kerja lainnya yang berada di luar negara Kamu. Pastikan juga dokumen-dokumen penting yang diperlukan untuk mencari kerja seperti ijazah, sertifikat, resume, SKCK, dan lain-lain; dan tentunya dokumen-dokumen untuk visa seperti bank statements untuk menunjukkan bahwa Kamu masih terikat dengan negara asal Kamu.

5. Kemas barang-barang sesuai kebutuhan

Kamu akan bepergian jauh. Kamu mungkin memiliki keinginan untuk membawa segala barang kesukaan Kamu dengan asumsi bahwa Kamu mungkin membutuhkannya. Namun, hal yang sebaiknya Kamu lakukan adalah dengan meneliti kembali negara tujuan Kamu. Perhatikan cuaca di negara tersebut, pikirkan pakaian yang sebaiknya Kamu siapkan untuk Kamu bawa dari negara asal Kamu. Pikirkan juga pakaian yang akan Kamu kenakan saat Kamu bekerja. Perhatikan bahan dari pakaian Kamu. Kamu dapat membawa dari negara asal Kamu karena bisa saja harga pakaian yang sama akan jauh lebih mahal di negara tujuan. Kemas seminimal mungkin barang Kamu untuk menghindari membawa barang yang berlebihan.

6. Cari tahu tentang biaya hidup di negara tujuan

Apabila Kamu bekerja dan diberikan akomodasi dari tempat Kamu bekerja, mungkin Kamu bisa menabung lebih banyak dan menggunakan penghasilan Kamu kelak untuk kebutuhan lain. Namun, apabila Kamu membutuhkan untuk mencari akomodasi di negara tujuan, pastikan Kamu tau Kamu membutuhkan biaya berapa, termasuk pengeluaran pasti seperti listrik, TV kabel, air, dan lain sebagainya.

7. Kenali daerah baru tempat tinggal barumu

Cari tahu lebih banyak mengenai area dimana Kamu akan tinggal nanti untuk memastikan Kamu dapat betah tinggal di sana. Misalnya, apabila Kamu suka mengunjungi pasar tradisional atau berjalan-jalan di taman, maka cari tahulah apakah tempat tersebut ada di sekitar tempat Kamu tinggal nanti. Semakin sedikit  waktu yang Kamu untuk eksplorasi tempat tinggal Kamu secara langsung ketika Kamu tiba, semakin rendah dampak dari culture shock yang mungkin Kamu rasakan. Pastikan juga mengenai sarana transportasi dari tempat tinggal Kamu ke tempat Kamu bekerja agar Kamu dapat mengatur keuangan Kamu dengan baik dan tidak menghabiskan lebih banyak di hal yang kurang penting.

8. Mulai bangun koneksi dengan teman baru Kamu

Hidup kini lebih baik dan lebih mudah dengan adanya media sosial. Kamu dapat kepo siapa saja orang-orang yang akan bekerja bersama Kamu atau mencari teman dengan hobi yang sama yang mungkin tinggal dekat dengan Kamu. Dan apabila Kamu memiliki teman yang sudah Kamu kenal dan tinggal dekat dengan tempat tinggal baru Kamu di negara tujuan, Kamu dapat mengatur waktu untuk bertemu untuk mengeksplorasi tentang hal-hal yang perlu Kamu ketahui selama Kamu tinggal di sana. Hal ini juga untuk mengurangi dampak culture shock sehingga Kamu akan lebih betah berada di sana.

9. Buat bucket list

Pastinya selain bekerja, Kamu juga ingin berjalan-jalan di negara impian. Bucket list adalah hal esensial yang harus Kamu miliki. Hal ini dapat meringankan pikiran Kamu di saat Kamu mengalami masa sulit, dan Kamu menjadi lebih bersemangat untuk merencanakan weekend Kamu.

Nah, keahlian untuk bekerja sudah Kamu dapatkan di Elizabeth International, persiapan pun sangat mudah untuk Kamu lakukan. Masih bingung untuk mencari lowongan pekerjaan ke luar negeri yang terpercaya?

Yuk catat tanggalnya! Elizabeth International Hotel and Business School merupakan kampus perhotelan terbaik di Bali yang akan segera mengadakan info session mengenai lowongan-lowongan pekerjaan di luar negeri melalui partner-partner yang sudah bekerja sama dengan Elizabeth International. Kegiatan yang bertajuk Global Career Week by Elizabeth International akan hadir secara virtual pada tanggal 20 – 24 September 2021, lho! Tidak perlu takut akan pandemi karena acara akan diselenggarakan secara online sehingga kamu bisa simak dari mana saja!

Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti CV/resume kamu yang terupdate, dan dokumen-dokumen pendukung lainnya dari sekarang, ya!