Business Pitching Inkubator Bisnis Elizabeth International

Bangkitkan Semangat Entrepreneur Muda, Inkubator Bisnis Elizabeth International gelar Start-up Competition 2021

Kampus Elizabeth International, sebuah kampus perhotelan dan bisnis di Bali memiliki agenda tahunan start-up competition untuk membangkitkan semangat para entrepreneur muda yang memiliki latar belakang ilmu perhotelan. Di tahun ini, kompetisi yang serupa diikuti oleh belasan kelompok usaha rintisan (start-up) di bidang hospitality yang sebelumnya telah terseleksi dari ribuan mahasiswa Elizabeth International Hotel & Business School serta Kampus AKUBANK yang kemudian para kandidat terpilih ini mendapatkan mentoring dalam sebuah pelatihan Ezzypreneur Club serta pendidikan melalui executive business class.

Dalam kompetisi yang berlangsung pekan lalu ini, terdapat belasan usaha start-up yang didominasi oleh produk kuliner. Setiap kelompok diberikan tantangan (challenge) berupa presentasi konsep bisnisnya, kelebihan bisnisnya, hingga anggaran dana serta cashflownya selama 3 menit sebelum dilanjutkan ke sesi tanya jawab. Berbagai produk mulai dari purwarupa (Prototype) hingga produk yang sudah siap dipasarkan disajikan dalam kompitisi ini. Beberapa start-up yang bergerak di bidang minuman hingga jasa tidak ketinggalan mewarnai kegiatan ini.

Menariknya, mayoritas ide usaha yang diajukan tidak hanya berorientasi pada business namun ada sebuah pergerakan (movement) yang dicoba untuk dibangun di sini. Sebagai contoh, adanya produk kuliner yang mencoba menggalakan movement ugly food, ada juga produk yang menginisiasi movement untuk menggunakan buah-buahan lokal daripada import, tidak ketinggalan sebuah movement untuk menggaungkan hasil bumi khas salah satu wilayah di Bali Utara yang belum begitu terexpose dan ingin digalakan kembali. Semua itu merupakan value lebih yang coba untuk disampaikan oleh para peserta.

Kompetisi ini juga menghadirkan beberapa juri yang merupakan perwakilan dari management Elizabeth International yaitu Director of Quality Assurance and Operation Elizabeth International, Director of Culinary Department, dan Director of Business Incubator of Elizabeth International serta Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Denpasar yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Bendahara Umum dari HIPMIDEN. 

“Dalam kondisi yang penuh ketidakpastian ini, para generasi muda perlu diinspirasi dan diberikan wadah untuk tetap bisa berkarya. Para mahasiswa dengan latar belakang ilmu perhotelan contohnya, mereka tentunya memiliki kecakapan untuk membuat sebuah bisnis, yang mereka perlukan adalah inspirasi dan wadah untuk berkembang dan itulah tujuan utama dari Inkubator Bisnis Elizabeth International” Pungkas Bp. Adi Kerta Yasa, S.Pd., M.Ed, st selaku Direktur Inkubator Bisnis Elizabeth International sekaligus salah satu Juri di Kegiatan ini.

Para peserta yang lolos dalam kegiatan ini mendapatkan privilege sebagai in-wall tenant Inkubator Bisnis Elizabeth International yang nantinya akan mendapatkan bantuan serta pendampingan selama 6 bulan untuk menjalankan bisnisnya hingga siap untuk meluncur serta bersaing ke pasaran.