Ingin Sukses Berkarir? Cari Tahu Caranya di ezzycareer.com

Setelah menamatkan kuliah dari Kampus Perhotelan, pastinya kalian ingin memulai karir di dunia industri pariwisata. Kalau kalian ditanya apakah ingin sukses dalam berkarir ? Pasti semua dari kalian akan menjawab “Ya“ untuk pertanyaan ini. Namun hanya sedikit orang yang benar-benar mau meluangkan waktunya untuk mencari tahu atau mempertimbangkan apa yang harus mereka lakukan untuk menjadi sukses. Bahkan banyak dari mereka mungkin tidak berpikir untuk melakukan sesuatu dengan cara berbeda dan aktif  guna meningkatkan karir mereka. Sebenarnya kalau dipikir-pikir memiliki karir sukses itu kan juga pilihan kita ya, sukses itu adalah sesuatu yang sebagian besar berada dibawah kendali kita. Ada banyak hal yang bisa kalian lakukan setiap hari untuk meningkatkan performa kalian guna menunjang karir kalian untuk lebih sukses. Nah, mau tahu apa saja yang bisa kalian lakukan ? Ezzy Career Center akan berbagi tips untuk kalian. 

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menumbuhkan sikap Bersedia bekerja keras ( Be willing to work hard ) Kalian mungkin pernah mendengar istilah “action follows intention.” Tindakan itu mengikuti niat. Ini berarti bahwa sebelum kalian berharap untuk menemukan kesuksesan di bidang yang kalian inginkan , kalian harus siap dan mau melakukan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan kalian. Mungkin kedengarannya terlalu mainstream ya, tetapi yakinlah hanya keinginan untuk bekerja keras yang dapat berdampak kuat pada kesuksesan karir kalian. Bersedia bekerja keras adalah mindset yang harus kalian tanamkan sejak awal. 

Hal kedua yang harus kalian lakukan adalah menetapkan tujuan ( Set your Goals ) Tujuan sangat penting dalam membantu kalian mencapai kesuksesan. Kenapa ? Dengan memiliki tujuan yang jelas kalian akan bisa menentukan tolak ukur kesuksesan yang kalian inginkan. Setiap orang tentunya memiliki ukuran sukses yang berbeda-beda. Misalnya ada yang melihat kesuksesan itu apabila seseorang sudah berhasil menjadi CEO sebuah perusahaan, tapi ada juga orang yang melihat kesuksesannya pada saat dia mampu kuliah sambil kerja dan menghasilkan uang untuk keluarganya. Selain itu, dengan menetapkan tujuan berdasarkan definisi kesuksesan yang kalian yakini, akan lebih mudah menanamkan motivasi yang kuat terhadap diri kalian . Sederhananya, dengan memiliki tujuan yang pasti, akan membantu memudahkan kalian menemukan jalan kalian sendiri. Goals helps create your own path. 

Hal ketiga yang harus kalian lakukan adalah menemukan Mentor. Jangan meremehkan kekuatan “mentorship “ . Banyak orang sukses dan berprestasi karena mendapat bimbingan dari seorang mentor.  Biasanya mentor adalah orang yang lebih berpengalaman dari kalian.  Mereka adalah orang -orang yang sudah pernah berproses dan membangun karirnya lebih dahulu dari kalian. Seorang mentor akan dapat memberikan bimbingan, wawasan, ilmu, saran dan banyak hal yang akan membantu kalian dalam mencapai kesuksesan. Mentor juga akan membantu kalian memberikan arahan pada saat kalian menemukan jalan buntu. Mereka akan dapat membantu kalian tetap berada di jalur untuk menuju kesuksesan.

Hal keempat yang harus kalian lakukan adalah kelilingi diri kalian dengan orang -orang sukses. Ada seorang motivator terkenal bernama Jim Rohn yang juga merupakan Mentor dari Anthony Robbins berkata “You are the average of the five people you spend the most time with”. Coba kalian renungkan quote ini. Kita adalah adalah rata-rata dari teman-teman terdekat kita. Dengan siapa kalian bergaul akan menentukan cara kalian berpikir, apa yang kalian lakukan dan masa depan kalian.Jika kalian lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman-teman kalian yang duduk sepanjang hari bermain video game dan makan pizza, apakah kalian benar-benar berpikir untuk menyiapkan diri untuk kesuksesan karier kalian di masa depan ? Jika kalian ingin sukses, kelilingi diri kalian dengan orang-orang yang memberikan inspirasi untuk kalian. Pergilah ke acara networking, pertemuan-pertemuan atau seminar yang bermanfaat untuk kalian. Orang-orang hebat seperti mereka tidak hanya akan menginspirasi kalian tapi juga akan membuka peluang dan pintu kesuksesan untuk kalian. 

Hal kelima yang perlu kalian lakukan adalah menetapkan rutinitas. Set your routine ! Banyak orang yang sering mengeluh karena tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan semua yang perlu mereka lakukan. Biasanya ini terjadi jika kalian memiliki manajemen waktu yang buruk. Merencanakan sesuatu dengan baik dan menjadikan nya suatu rutinitas dalam keseharian kalian akan membantu kalian menyelesaikan tugas dan mengejar pencapaian dengan lebih baik. Misalnya, satu rutinitas umum dari orang-orang sukses adalah bangun lebih awal sehingga mereka dapat berolahraga, menikmati sarapan dan menjawab email, sehingga mereka dapat memiliki waktu tenang di awal hari dan mereka dapat fokus pada saat bekerja. Mengatur jadwal dan berpegang teguh pada setiap rencana kalian dapat membantu membuat kalian lebih efisien dalam menyelesaikan tugas, yang dapat membantu kalian berhasil dalam jangka panjang.

Jangan lupa melakukan evaluasi untuk apa yang yang sudah kalian kerjakan. Pikirkan tentang hal-hal seperti apa yang sudah kalian lakukan untuk mencapai tujuan kalian dan mempertimbangkan apakah kalian perlu menyesuaikan kembali  sehingga akan terus menginspirasi dan memotivasi kalian dalam mencapai kesuksesan yang kalian impikan. Jangan cepat berpuas diri, selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan kalian dalam bekerja. Jika kalian ingin sukses dalam karier, kalian harus berkomitmen untuk selalu siap melakukan perbaikan diri. Kalian harus tahu kelebihan dan kelemahan kalian, sehingga kalian tahu langkah-langkah apa yang harus kalian lakukan untuk memperkuat kelemahan kalian. Dengan terus belajar dan tumbuh, kalian tidak hanya akan menjadi karyawan atau wirausahawan yang memiliki pengetahuan luas, tetapi kalian juga akan lebih fleksibel dan kuat secara mental serta lebih mampu menghadapi perubahan -perubahan dimasa yang akan datang, karena perubahan adalah satu-satunya yg pasti. 

So, buat kalian yang akan segera melepas masa kuliah dari Kampus Perhotelan, semoga tips ini bisa bermanfaat untuk mengawali karir kalian kerja di hotel. Jangan lupa untuk selalu cek informasi update mengenai karir di www.ezzycareer.com. Salam Sukses Luar Biasa ! 

DS – Elizabeth International