Leisure alias Saat Santai, Saat Ini Merupakan Kebutuhan Dasar bagi Manusia

Ada sebuah artikel menarik di sebuah website, menyatakan bahwa “Leisure is a fundamental human need” lalu di halaman lain juga ditemukan “Leisure time and recreation, a fundamental human need”. Begitu banyak bahan bacaan yang nenunjukkan bahwa leisure sangat dibutuhkan saat ini.

Leisure atau waktu santai, atau waktu senggang, didalamnya terdapat “exercise” atau latihan dimana olah raga termasuk di dalamnya, “relaxation” yaitu segala bentuk relaksasi yang mampu menurunkan ketegangan mental psikologi kita, ada juga “enjoyment” dimana rasa senang dan nikmat didalamnya dan “pleasure” kesenangan dan plesir atau jalan – jalan. Semua hal ini merupakan bagian dari kebutuhan dasar manusia saat ini, dan setiap orang saat ini mulai meyakini bahwa kebutuhan hidup materiil dan nonmateriil sama pentingnya dan memiliki posisi sejajar.

Kampus perhotelan saat ini memberikan pemahaman yang esensial kepada para mahasiswa bahwa wisatawan yang datang berkunjung ke suatu daerah akan mengharapkan produk yang mereka beli (products), layanan (services) dan leisure atau saat santai itu sendiri. Hal inilah yang dipelajari di Elizabeth International, sebagai kampus perhotelan yang diyakini sebagai kampus terbaik dalam bidang perhotelan, hospitality dan bisnis saat ini. Betapa tidak, kami telah meyakini bahwa untuk membuat produk yang menyediakan leisure tertinggi untuk para wisatawan hanya jika kita mampu meningkatkan kualitas dari empat hal secara maksimal. Keempat hal itu adalah pertama people yaitu orang – orang, karyawan, atau staf yang berperan menyediakan layaran wisata, yang kedua adalah property, yaitu barang – barang pendukung wisata yang tidak dikonsumsi oleh wisatawan, yang ketiga adalah product yang merupakan barang – barang berwujud (tangible) yang bisa dikonsumsi oleh wisatawan, dan yang keempat adalah services atau layanan yang merupakan sesuatu yang tidak berwujud (intangible), namun dikonsumsi atau dinikmati oleh wisatawan. Dengan mampu memiliki keempat hal ini dengan kualitas prima, maka kita mampu menciptakan “leisure” tersebut kepada wisatawan atau tamu hotel.

Berbagai jurusan yang ada di Elizabeth International, kampus terbaik yang kekinian, kampus perhotelan yang berbasis entrepreneurship atau kewirausahaan, mampu memberikan pola pikir “mindset” ini kepada para mahasiswanya. Elizabeth International sebagai salah satu kampus hospitaliti wajib berbangga hati atas pencapaian atas sudut pandang mahasiswanya saat ini tentang keempat hal penting dalam dunia hospitality yaitu pemahaman menyeluruh tentang leisure dan pleasure.

Elizabeth International yang sudah berkiprah selama dua belas tahun di dunia pendidikan dan pelatihan di bidang perhotelan dan pariwisata, telah mencetak banyak lulusan yang berkategori “qualified output” yang memiliki “skill” ketrampilan, “knowledge” pengetahuan dan “attitude” atau sikap kerja yang kompeten dan mumpuni dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.

Elizabeth International terdapat di tiga lokasi berbeda di tiga kabupaten dan kota yaitu Kampus Elizabeth International Gianyar, yang beralamat di jalan Kebo Iwa nomor 12 B Gianyar, Kampus Elizabath International Denpasar, yang beralamat di jalan Hayam Wuruk nomor 226B Denpasar dan Kampus Elizabeth International Nusa Dua, yang beralamat di jalan By Pass Ngurah Rai nomor 27E Mumbul, Nusa Dua. Kami bangga bisa berada di beberapa wilayah dimana pariwisata telah bersinergi dengan masyarakat lokal untuk menyediakan layanan kepada para wisatawan dan memberikan kontribusi kepada masyarakat, pemerintah daerah Bali dan negara Indonesia tercinta.