Mengenal Lebih Jauh Tentang Kelebihan Pendidikan Vokasi

Sekolah Pariwisata di Bali|Sebenarnya apa sih tujuan Pendidikan Vokasi? Pada dasarnya program ini dihadirkan untuk mempersiapkan SDM yang memiliki kompetensi produktif atau kemampuan teknis. Bisa dibilang, program ini lebih banyak memberikan bekal praktek. Berbeda dengan Pendidikan Akademik yang harus dilalui secara berjenjang, anda bisa mengambil Pendidikan Vokasi langsung ke jenjang yang anda mau.

Misalnya anda mau langsung masuk jenjang D4, anda bisa langsung masuk jenjang tersebut tanpa perlu melalui jenjang D1-D3. Pendidikan Vokasi juga menawarkan durasi studi yang bervariasi, diantaranya:

  • D1, durasi studinya hanya 1 tahun dengan gelar A.P. (Ahli Pratama) setelah lulus.
  • D2, durasinya 2 tahun dengan gelar A.Ma. (Ahli Muda) setelah lulus.
  • D3, yang paling banyak dipilih durasinya 3 tahun dengan gelar A.Md. (Ahli Madya) setelah lulus.
  • D4, untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan setara S1 tapi mengharapkan pembelajaran yang lebih teknis. Setelah lulus kamu akan mendapat gelar Sarjana Terapan.

Setelah lulus dari Pendidikan Vokasi (terutama D3), anda masih bisa kok melanjutkan ke Pendidikan Akademik (S1 dan selanjutnya). Jika anda mengambil jurusan yang sejenis, biasanya hanya perlu transfer SKS dan anda hanya perlu mengambil mata kuliah yang belum diambil. Jadi tidak perlu melanjutkan dari awal.

Buat anda yang masih meragukan Pendidikan Vokasi, berikut ini adalah beberapa kelebihan dari program ini:

1. Pembelajaran Dominan pada Praktek

Anda akan lebih banyak mendapat mata kuliah yang penuh praktek daripada teori. Perbandingannya 70:30 dengan praktek yang lebih banyak. Bagi anda yang mudah bosan dengan hal-hal berbau teoritis, sangat cocok untuk masuk program ini.

2. Kurikulum Disesuaikan Kebutuhan Industri

Pendidikan Vokasi di Indonesia terus mengalami pembaharuan. Kurikulum pada Pendidikan Vokasi sudah didesain sedemikian rupa untuk bisa memenuhi kebutuhan industri. Peserta didik pada program ini akan diperlengkapi dengan sejumlah keterampilan yang bisa langsung diterapkan untuk bekerja. Prospek kerja lulusan Pendidikan Vokasi juga tidak kalah menjanjikan. Selama anda memiliki skill yang mumpuni, perusahaan pasti mau menerima anda  dengan tangan terbuka. Anda hanya perlu aktif mencari kesempatan dan terus aktif mengembangkan potensi. Pihak kampus yang membuka Program Vokasi biasanya juga lebih proaktif memfasilitasi untuk magang dan penyaluran kerja.

3. Pilihan Bidang Keilmuan Cukup Variatif

Jurusan di Pendidikan Vokasi cukup variatif kok. Jurusan-jurusan yang dibuka biasanya juga lebih spesifik. Sekolah Vokasi di Indonesia juga ada banyak sekali pilihannya. Setiap institusi pendidikan membuka sejumlah jurusan yang bervariasi. Salah 1 contoh Pendidikan Vokasi yang jurusannya cukup populer adalah perhotelan dengan berbagai pilihan jurusannya seperti F & B Service, Culinary, Front Office, Room Division dan lain sebagainya.

4. Waktu Studi Lebih Singkat

Banyak orang cukup tertarik masuk Pendidikan Vokasi karena waktu studinya lebih singkat, terutama program D1-D3. Dengan kuliah kurang dari 4 tahun, sudah bisa memiliki ijazah pendidikan dan bisa segera bekerja. Syarat kelulusan di program ini juga relatif lebih sederhana. TA atau Tugas Akhir yang menjadi syarat kelulusan biasanya tidak serumit pembuatan skripsi. Anda yang ingin memiliki keterampilan teknis, mudah bosan dengan teori, dan ingin cepat kerja, masuk program ini adalah pilihan tepat.

Berbagai sekolah vokasi pastinya menawarkan program-program terbaik mereka untuk mendukung anda dalam mengenyam Pendidikan dibidang vokasi. Sebagai contoh salah satu sekolah perhotelan di Bali yang menawarkan  program vokasi singkat perhotelan dengan masa 1 – 2 tahun adalah Elizabeth International – Hotel & Business School. Untuk Sebagian orang belajar 1 – 2 tahun mungkin bukanlah waktu yang lama, namun untuk Sebagian lagi bisa dikatakan itu adalah waktu yang cukup lama terutama bagi mereka yang telah bekerja, berkarir maupun berkeluarga.

Apabila selama ini banyak orang mesti keluar neger untuk mencari kampus hospitality berkualitas, kini anda tidak perlu melakukannya. Di Indonesia, khususnya di Bali sudah ada sekolah/kampus perhotelan berstandard global dengan fasilitas dan Kerjasama yang luas. Salah satu sekolah/kampus perhotelan yang kini menjadi idola kaum di Indonesia untuk belajar perhotelan adalah Elizabeth International yang berlokasi dipusatnya industry pariwisata dunia yaitu Bali.

(Dewa Sudiyasa)