Tips Menjadi Barista Bagi Pemula Ala Ezzy Barista Academy

Sekolah Pariwisata di Bali| Ingin memulai karir menjadi seorang barista tidaklah mudah, pekerjaan seorang barista bukan hanya mengurusi apa yang ada di belakang meja bar. Namun lebih dari itu, memastikan semua pengunjung menikmati secangkir kopi yang mereka sajikan dengan sepenuh hati.

Sekilas melihat karismatik seorang barista membuat kopi, kita beranggapan menjadi seorang barista ternyata sangat mudah, hanya menuangkan air panas ke bubuk kopi, dan jadilah secangkir kopi nikmat. Sayangnya tidak hanya itu saja, disamping membuat secangkir kopi yang nikmat barista harus menguasai banyak hal tentang kopi. Karena menjadi seorang barista adalah penyampai pesan petani kopi, biji kopi yang nikmat belum tentu menjadi sajian kopi yang nikmat jika dibuat dengan salah perhitungan. Setidaknya, berikut ini merupakan garis besar jika ingin mengerti lingkup kerja seorang barista.

  1. Memahami Karakter Biji Kopi
    Banyak orang jatuh cinta pada kopi dan menjadi barista dari berbagai versi, ada yang kagum dengan reka latte art, ada yang karena sangat menikmati cita rasa kopi, dan banyak lagi. Bagaimana pun awal kecintaan seorang barista akan kopi, pasti akan mengantarkan mereka untuk mencari tau keistimewaan biji kopi. Bagaimana biji kopi yang baik untuk sajian kopi tertentu, perbedaan karakter tingkat roastingbiji kopi, dan bagaimana cara penyimpanan biji kopi agar tetap segar ketika diseduh, serta banyak lagi.
  2. Mengerti Alat-Alat Kopi
    Menjadi seorang barista pasti punya favoritnya masing-masing dalam hal metode sajian, ada yang mencintai sajian aeropress, ada juga yang menyukai sajian tertentu. Tapi bukan berarti mereka tidak mengerti sajian menggunakan alat kopi lainnya, barista bisa dibilang harus mengerti menyajikan kopi menggunakan banyak metode sajian. Perhitungan rasio menggunakan alat kopi yang berbeda, bagaimana membersihkan serta merawat alat kopi setelah menyeduh kopi, dan alat kopi seperti apa yang mampu mengoptimalkan biji kopi tertentu.
  3. Menyeduh Kopi Dengan Sepenuh Hati
    Jika kamu yang ingin memulai menjadi barista dan beranggapan pekerjaan barista sangat mudah, hanya menuangkan air seduhan dan jadilah secangkir kopi, ini salah besar. Untuk menyeduh kopi pun banyak pertimbangannya, wawasan seorang barista harus luas berkaitan dengan biji kopi dan alat seduh kopi. Mempertimbangkan rasio air berbanding bubuk kopi, seberapa suhu panas air seduhan yang potensial dan bagaimana teknik menyeduh kopi dengan alat kopi tertentu.
  4. Menyajikan Secangkir Kopi Dengan Nikmat
    Untuk menyajikan kopi dengan nikmat perlu perhitungan yang teliti, dari mulai memahami biji kopi, mengerti alat kopi yang digunakan, dan bagaimana teknik menyeduh kopi yang optimal. Maka selanjutnya, menentukan resep kopi agar sajian kopi tetap konsisten ketika diseduh dan disajikan kepada pelanggan.

Untuk menjadi seorang barista, maka selanjutnya yang diperlukan untuk benar-benar menjadi seorang barista adalah mengenal diri sendiri dan mengenal ruang kedai kopi di mana barista bekerja. Beberapa barista terkadang terbentur dengan ideologi pribadi dan ideologi kedai kopi di mana mereka bekerja. Dan biasanya ideologi kedai kopi terbentuk dari pelanggan yang datang silih berganti, apakah yang datang hanya menikmati design latte art atau menikmati cita rasa dari latte art, ini merupakan hal yang berbeda.

Ezzy Barista Academy powered by Elizabeth International  siap memberikan pembelajaran terbaik bagi anda yang ingin mejadi seorang Barista professional meskipun anda masih pemula. Di Ezzy Barista Academy anda akan belajar bersama professional instruktur yang siap berbagi dan membimbing anda untuk menjadi seorang Barista hebat di masa depan.

(Dewa Sudiyasa)